10.000 Pohon Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Kecamatan salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah berada di daerah perbukitan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah rusaknya alam karena penebangan, dan alih fungsi lahan. Bukit bukit gundul. Pohon pohon ditebang beralih jadi lahan sayuran.

Kondisi ini sangat berbahaya, apalagi saat musim penghujan tiba. Banjir bandang, dan longsor sudah sering terjadi. Jalan tertutup, rumah rusak. Selain itu, akibat kerusakan alam ini juga merusak sumber mata air yang digunakan warga. Biaya ekonomi yang timbul akibat kerusakan sangat besar.

Tujuan dari program ini adalah konservasi alam dengan menanam pohon keras namun memiliki nilai ekonomi tinggi. Hal ini ditujukan juga untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekitar dari hasil pohon yang akan didapat sehingga warga juga ikut serta dalam menjaga dan merawat tanaman. Pohon pohon yang akan ditanam adalah pohon buah buahan seperti belimbing, jambu kristal, rambutan, pete, manga, nangka, dan alpukat.

Dengan demikian tujuan dari program ini adalah:

  1. Konservasi alam
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  3. Memastikan kelestarian sumber mata air
  4. Mitigasi bencana alam

Sasaran penerima manfaat & jumlahnya, dan target lokasi:

Lokasi sebaran penanaman ada 80 ha, di 3 lokasi yaitu di winduasri, gunung larang, ganggawang,  di kecamatan salem. Jumlah penerima manfaat 1000 keluarga.

Wakaf Pohon sangat besar fadhilahnya dalam islam. 
Menanam pohon itu berpahala. Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim) dalam hadis lainnya Beliau bersabda: “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya, maka tanamlah.” (HR. Bukhari dan Ahmad). kemudian juga Nabi SAW bersabda, “Apa yang dicuri dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh binatang buas dari tanaman itu merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh seekor burung dari tanaman itu merupakan sedekahnya. Tidaklah dikurangi atau diambil oleh seseorang dari tanaman itu kecuali merupakan sedekahnya.” (HR. Muslim).

 

    There are no latests news yet

27 Jun 2022

Anonim
Rp 10.397

10 Jun 2022

Annita Aldryan
Rp 100.297

10 Jun 2022

Anonim

"Bismillahirrohmaanirrohiim"

Rp 10.277

25 Apr 2022

Sarwoto
Rp 200.323

17 Apr 2022

Anonim
Rp 100.392

9 Apr 2022

Anonim
Rp 2.000.393

18 Mar 2022

Emil
Rp 10.420
Scroll to Top