peduli, berbagi info ini:

Sudah 2 bulan kawasan Cibarusah dan sekitarnya mengalami krisis air akibat musim kemarau menyebabkan warga mengalami kesulitan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Satu-satunya cara mendapatkan air bersih adalah dengan dropping air tanki untuk warga cibarusah.

 

 

 

Tiga desa di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalami kekeringan. Ketiga desa itu yakni Desa Ridogalih, Desa Ridomanah, dan Desa Sirnajati. Akibat kekeringan itu, berdampak besar bagi keseharian warga. Aktivitas warga menjadi terganggu.”Mandi sehari sekali jadinya, jadi nggak cuci piring juga,” ujar warga Desa Ridogalih, Neneng (38) ketika ditemui di kediamannya, Desa Ridogalih, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jumat (28/6/2019).
Selama kekeringan, Neneng menyebut keluarganya mandi di empang. Empang tersebut berjarak 100 meter dari rumahnya.”Kalau cuci (baju) biasanya di Kali Cihoe. (Jaraknya) 2 km dari rumah,” ujar Neneng. Terkadang ia berebut air dengan warga lainnya di Kali Cihoe. “(Kali) Cihoe berebut sama warga buat kebutuhan. Ada yang nyuci jam 12 (siang), airnya sudah dikit, jadi berebut, ada yang bawa jerigen gitu,” ujar Neneng. Neneng mengaku mencuci pakaian di Kali Cihoe 4 hari sekali. Jika ada uang berlebih, ia membeli 1 tangki air berisi 500 liter seharga Rp 60 ribu untuk cuci pakaian dan mandi. Sementara untuk minum, ia mengalokasikan biaya tersendiri setiap harinya. “Buat minum dan masak (dalam sehari mengeluarkan) Ro 15 ribu lah, (pakai) galon isi ulang,” ujar Neneng. Seorang petani di Desa Sirnajati, Tahir (60), juga mengeluhkan hal serupa. Ia mengatakan sawahnya gagal panen karena kekeringan. “(Sawah) sudah hancur nggak pulang kering semua, gagal. Kerugian 7 juta,” ujar Tahir. Tahir mengelola 1,5 hektare sawah di Desa Sirnajati. Karena gagal panen, dia bertahan hidup dengan menjual nasi uduk bersama istrinya. “(Saya) ngalah sama istri ngebantu jualan nasi uduk kalau pagi. (Harganya) Rp 5.000, sehari ada hasilnya lah dikit,” ujar Tahir. Untuk air bersih, ia mengandalkan bantuan dari Pemkab Bekasi. Pantauan detikcom, tampak sawah-sawah di Desa Ridogalih, Desa Sirnajati, dan Desa Ridomanah mengalami kekeringan. Terlihat tanah sawah kering dan retak. Air di Sungai Cipamingkis, Cibarusah, Kabupaten Bekasi tampak surut. Selain itu, air di perumahan warga juga tidak mengalir.

sumber: detikdotcom

peduli, berbagi info ini:
ArabicEnglishFrenchIndonesianSpanish
WhatsApp Hubungi kami