LOKASI SEDEKAH AIR DI CIBARUSAH BEKASI

Kekeringan di kecamatan cibarusah bekasi memang terparah di banding daerah kekeringan lain di kabupaten bekasi seperti Cikarang Timur, Tarumajaya, dan Tambun Utara. Kecamatan cibarusah, dengan kondisi wilayah yang berbukit-bukit, warga setempat kesulitan memperoleh air tanah. Kekeringan terparah di Cibarusah terjadi di Desa Sirnajati, Ridogalih, Ridomanah, dan Cibarusah Kota.

Pihak pemerintah kabupaten telah berupaya untuk melakukan pengiriman tangki walaupun dilakukan secara bergilir sehingga belum dapat memcukupi kebutuhan air bersih warga. Berdasar penuturan warga, pengiriman bantuan air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau PMI sangat jarang sekali. Mereka terkadang mengirim bantuan air bersih paling banyak satu kali dalam sepekan.

Setiap hari, pagi dan petang warga sibuk mencari air bersih ke sungai atau kali yang sudah mengering. Membuat semacam sumur resapan dangkal di dasar kali/sungai. Air ini digunakan untuk keperluan mandi, cuci atau buang hajat. Bahkan ada yang menggunakannya untuk memasak. Hal ini sungguh sangat memberatkan warga karena harus mengorbankan waktu dan tenaga untuk mengambil air setiap hari.

Karena melihat kondisi ini, penggiat sedekah air ingin sekali berkontribusi untuk paling tidak meringankan beban warga yang kesulitan mengakses air bersih. Sampai saat ini Penggiat sedekah air telah melakukan pengiriman bantuan air bersih, total, sebanyak kurang lebih 65.000 liter air kepada warga di desa sirnajati dan desa cibarusah kota. Pembagian dilakukan pada setiap pekan sekali.

Sedekah Air di Pondok Pesantren Hidayatul Quran Cibaliung Pandeglang Banten

Alhamdulillah proses pengeboran sumur di pondok pesantren hidayatul quran cibaliung...

USULAN LOKASI SEDEKAH AIR DI MASJID AL-HIDAYAH, MAJASARI, CIBIUK, GARUT

Nama Pengusul Ust. Yusup No Hape 085294968645 Alamat lokasi usulan...