sedekah air di garut

sedekah air untuk musholla dan warga kampung cibitung, Cigintung Garut

Alhamdulillah proses pembangunan sarana air bersih untuk warga kampung cibitung, desa cigintung Garut sudah selesai dan berhasil mengalirkan air bersih ke masyarakat. Program kali ini berupa pembuatan penampungan di mata air, dan pipanisasi, serta pembuatan distribusi di dekat perkampungan.
warga kampung cibitung kesulitan air bersih terutama saat kemarau tiba. Warga kampung Cibitung pernah membuat sumur bor dengan kedalaman 25 m, 50 m, dan 100 m untuk dapat memenuhi kebutuhan air. Namun hasil pengeboran tersebut tidak berhasil mendapatkan air. Setelah dilakukan test geolistrik memang termasuk berisiko tinggi gagal bila dilakukan pengeboran sumur.

Awalnya kami berencana membuat sumur gali sedalam 20an meter namun terkendala lahan, lahan yang bagus untuk gali sumur bertepatan dengan rencana perluasan musholla. Dengan demikian, tidak bisa dilakukan penggalian sumur di titik tersebut.
 

Beruntung ada sumber mata air yang walaupun kemarau airnya tidak kering. Akhirnya warga membuat semacam penampungan, sumur di sekitar mata air dan dialirkan ke perkampungan.

Total pengeluaran untuk program ini adalah 11.540.000 untuk pembelian bahan material, pipa, mesin pompa dan biaya tukang. biaya survey dan geolistrik adalah 3 juta sekalian dengan 2 daerah lain di garut dan tasikmalaya.
Jazakallah khoir.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top