Wakaf Air di Kampung Sampih Desa Cihea

Wakaf Air di Kampung Sampih Desa Cihea, Kec. Haurwangi, Kab. Cianjur

Wakaf air kali ini untuk warga yang tinggal di Kampung Sampih RT 02/07, Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. 

Berdasarkan paparan dari BPBD Kabupaten Cianjur, Haurwangi memang menjadi salah satu daerah yang terdampak kekeringan kala musim kemarau. Padahal kebutuhan air tidak hanya untuk sehari-hari masyarakat saja, tapi juga untuk pasokan lahan pertanian. 

Kampung Sampih sendiri secara  geografis berada di ketinggian 320 mdpl. Khususnya di RT 2 terdapat sumur gali dengan kedalaman 7 meter yang dimanfaatkan sebagai sumber air utama warga. Namun sumber air ini akan kering apabila tidak turun hujan dalam waktu lama. 

Warga juga memperoleh pasokan air dari Pamsimas setiap tiga hari sekali untuk masing-masing RT, tapi tetap belum mencukupi kebutuhan air bersih warga. Untuk kebutuhan mandi dan MCK, warga juga mengambil air dari sumber-sumber yang ada. 

Sebanyak kurang lebih 65 kepala keluarga berduyun-duyun mengambil air dari sumber yang jaraknya mencapai 1 km. Warga rela mengantri dari pukul 3 dini hari untuk mendapatkan air tersebut.

Setelah melakukan survey dan mendapatkan hasil geolistrik, Sedekah Air melakukan pengeboran di depan mushola warga. InsyaAllah, sumur bor tersebut bisa dimanfaatkan untuk 65 KK warga RT 2 Kampung Cisampih. 

Total biaya pembuatan sumur bor, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 35.476.600.

 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top