Wakaf Air di Pondok Pesantren Bustanul Athfal, Kalimanggis

Wakaf Air di Pondok Pesantren Bustanul Athfal, Kalimanggis Kec. Manonjaya – Tasikmalaya

Pondok Pesantren Bustanul Athfal berada di Kampung Cisitu Kaler, Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya Tasikmalaya. Lokasinya berada di ketinggian 300 mdpl yang saat ini belum memiliki sumber air memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Padahal pondok tersebut sudah memiliki puluhan santri dan siswa Madrasah. Setiap hari membutuhkan air bersih untuk berwudhu, konsumsi, mandi dan kegiatan lainnya. 

Pengurus pondok dan para santri biasanya memanfaatkan sumber air dari sumur gali kedalaman 10 meter. Namun sayangnya, air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi karena keruh dan berwarna coklat. 

Belum lagi ketika musim kemarau, sumur tersebut mengering sehingga harus membeli air seharga Rp 400.000 per tangki untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di pesantren. 

Sebagian besar warga yang tinggal di sekitar pesantren menggunakan sumur bor dengan kedalaman 40 meter. Hingga saat ini daerah tersebut memang belum mendapatkan aliran air dari PDAM. 

Disisi lain, baik pengurus pondok maupun masyarakat sekitar belum memiliki dana yang cukup untuk membuat sumber air sendiri. Jika terus-terusan harus membeli air tentu akan sangat memberatkan dari segi finansial.

Apalagi Kampung Cisitu Kaler menjadi salah satu daerah di Tasikmalaya yang rentan kekeringan setiap tahun. Musim kemarau yang menyebabkan sumur mengering selalu menjadi masalah hingga saat ini. 

Alhamdulillah, Sedekah Air berhasil membantu pengeboran sumur sedalam 40 meter yang bisa dimanfaatkan 80 orang santri Pesantren Bustanul Athfal, 50 siswa Madrasah Bustanul Athfal, pengurus dan 300 jiwa masyarakat Kampung Cisitu Kaler.

Total biaya pembuatan sumur bor, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 16.885.000.

 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top