Wakaf Air untuk Masjid Al manar dan Warga Kp Cipulo, Girijaya, Cibinong, Cianjur, Jawa Barat

Ikhtiar selanjutnya, Sedekah Air mencoba membantu memberikan akses air bersih yang memadai untuk warga yang tinggal di Kp Cipulo, Girijaya, Cibinong, Cianjur Jawa Barat. Krisis air bersih memang bukan hal baru lagi bagi warga kampung ini.

Saat musim kemarau tiba, kampung yang terletak di 487 mdpl ini kerap mengalami masalah kekeringan. Beberapa masyarakat hanya mengandalkan sumur gali dengan rata-rata kedalaman 10m.

Padahal keadaan alam yang berupa perbukitan dengan elevasi yang cukup tinggi juga menyebabkan air bersih disini hanya tersedia pada sumur gali dengan kedalaman 18m saja. Untuk sumur-sumur gali yang berada pada kedalaman dibawah itu kurang jernih dan akan kering pada saat kemarau.

Sementara jika sumur gali benar-benar mengering, warga memanfaatkan sumber air dari Situ Cimala yang jaraknya sekitar 300 meter dari Masjid Al Manar. Memang tidak begitu jernih, dan bahkan akan semakin kotor ketika musim kemarau tiba.

Selain itu, warga juga membuat sebuah sumur kecil di pinggir Situ Cimala agar mendapatkan air yang agak jernih sehingga bisa digunakan untuk keperluan minum dan makan saat kemarau. Itupun kondisi airnya juga tidak begitu baik dan berwarna keputihan.

Desa yang dihuni hingga 250-an orang ini memang tidak memiliki akses air bersih yang mencukupi. Dulu pernah dilakukan pengeboran sedalam 160 meter di kampung sebelah yang berjarak 3 km.

Setelah melakukan survei ke lokasi dan tes geolistrik, alhamdulillah Sedekah Air berhasil mendapatkan air untuk warga melalui pengeboran sumur sedalam 25 meter. Insyaallah sumur ini bisa dimanfaatkan untuk 75KK, terutama sebagai persediaan konsumsi dan memasak sehari-hari.

Total biaya pembuatan sumur bor, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 27.557.300.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top