Wakaf Air Untuk Pesantren Al-Fathonah, Ds. Arjasari, Kec. Leuwisari - Tasikmalaya

Bantuan Alat Filterisasi Air Untuk Pesantren Al-Fathonah, Ds. Arjasari, Kec. Leuwisari – Tasikmalaya

Pondok Pesantren Al-Fathonah awalnya merupakan madrasah yang memfasilitasi warga Desa Arjasari, Leuwisari, Tasikmalaya untuk mengaji. Pondok yang sudah berdiri sejak 1970-an ini tidak pernah sepi karena selalu ada kegiatan pendidikan ilmu agama setiap harinya.

Saat ini Ponpes Al-Fathonah sudah mempunyai PAUD, RA, TK/TPA dan sebagai pesantren tahfizhul Qur’an berbasis mulazamah. Sehingga semakin hari jumlah santri semakin bertambah, tapi tidak dibarengi dengan ketersediaan fasilitas sumber air yang memadai karena terbatasnya pendanaan. 

Pihak pengelola Ponpes tidak membebankan biaya besar bagi para santri. Bagi santri yang tidak mampu mendapatkan keringanan biaya pendidikan sukarela. Sementara khusus untuk santri dhuafa digratiskan.

Di atas lahan tanah wakaf seluas 3.509 meter, saat ini Ponpes dihuni oleh 165 santri yang bermukim, dari tingkat tsanawiyah dan aliyah. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, Ponpes memanfaatkan mata air pegunungan sebagai sumber mata air utama melalui sistem filterisasi. Karena berasal dari mata air pegunungan, sehingga bisa dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Sayangnya, mesin filter air tersebut sudah rusak sehingga tidak bisa dimanfaatkan kembali. Sebelumnya mesin filter sudah sering diperbaiki, tapi masih sering konslet yang menyebabkan komponen mesin filter terbakar dan tidak dapat diperbaiki kembali.

Keterbatasan dana menyebabkan pesantren tidak bisa membeli sistem filterisasi air yang baru. Pengelola terpaksa membeli air dengan budget Rp 1.000.000,- setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi santri.

Air yang tersedia juga tidak bersih untuk dikonsumsi sehingga beberapa bulan terakhir ini para santri mulai terserang berbagai penyakit, terutama masalah pencernaan seperti diare. Banyak orang tua santri yang mengeluh karena permasalahan tersebut. 

Alhamdulillah, Sedekah Air telah memberikan bantuan pengadaan alat Filterisasi Air untuk Pondok Pesantren Al-Fathonah. InsyaAllah, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengelola, jamaah dan para santri di ponpes untuk mendapatkan sumber air bersih. 

Total biaya pengadaan alat filterisasi air, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 6.776.200. 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top