Wakaf Air Untuk Warga Di Kampung Cimalingping Ds. Cikadu Kec. Cibitung Pandeglang, Banten

Wakaf air selanjutnya diperuntukkan bagi masyarakat yang tinggal di Kampung Cimalingping Desa Cikadu Kecamatan Cibitung Pandeglang Banten. Kampung ini memang menjadi salah satu dari beberapa desa di Pandeglang yang sering terdampak krisis air bersih, terutama ketika musim kemarau.

Hanya beberapa rumah saja yang sudah memiliki galian air sedalam 15 meter, itupun airnya selalu mengering saat kemarau tiba. Sementara warga yang tidak mampu secara finansial hanya mengandalkan galian sedalam 1 hingga 2 meter saja yang membentuk kubangan untuk menampung stok air yang ada.

Jika sumber air di desa benar-benar habis, mau tidak mau warga harus menempuh perjalanan hingga 1 jam untuk mendapatkan air dari sungai. Kesulitan warga ditambah dengan akses jalan ke sungai yang cukup ekstrim, melewati hutan dan lembah yang licin.

Tidak jarang ada warga yang mengalami kecelakaan seperti terpeleset hingga kelelahan karena harus menenteng ember dengan jarak tempuh hingga 3 km. Itupun air yang didapatkan tidak jernih, padahal digunakan untuk mandi, mencuci sekaligus air minum.

Masih banyak juga masyarakat yang sering buang air di hutan karena fasilitas sumber air dan MCK di desa sangat terbatas.

Alhamdulillah, Sedekah Air berhasil membantu memberikan akses air bersih memadai untuk warga melalui pembuatan sumur bor sedalam 65 meter. InsyaAllah sumur ini bisa dimanfaatkan oleh sekitar 70 Kepala Keluarga serta puluhan santri.

Total biaya pembuatan sumur bor, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 36.140.600.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top