Wakaf Sumur untuk Dusun Ulap Ulap, Purworejo, Jawa Tengah

Wakaf Sumur untuk Dusun Ulap Ulap, Purworejo, Jawa Tengah

Dusun Ulap Ulap merupakan dusun yang berada di area perbukitan. Lokasinya berada di posisi paling atas Desa Kedung Pomahan Wetan sehingga menjadi daerah yang sulit sumber air jika dibandingkan dengan dusun-dusun lainnya.

Saat musim kemarau Dusun Ulap Ulap sering mengalami kekeringan. Padahal untuk keperluan sehari-hari masyarakat dusun ini hanya memanfaatkan air dari sumber mata air yang berada jauh di bawah desa, kurang lebih 2 kilometer.

Sumber mata air tersebut dialirkan dengan 3 sampai 4 mesin pompa air ke tempat-tempat penampungan yang berada di Dusun Ulap Ulap. Saat musim kemarau debit air sangatlah minim mengingat paralon dan selang yang digunakan untuk mengalirkan air mempunyai diameter kecil.

Adapun beberapa sumur gali yang berkedalaman rata-rata 10 meter tidak mempunyai ketersediaan air yang mencukupi. Sumur-sumur tersebut lebih sering digunakan untuk tadah hujan yang akan digunakan saat keperluan mendesak.

Sejauh ini belum ada yang mencoba untuk membuat sumur bor sehingga saat ketersediaan air mulai habis, masyarakat biasanya membeli air per-tanki. Tentu hal itu sangat memberatkan mereka secara ekonomi mengingat mayoritas penduduk yang hanya bertani dan berkebun.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 80 meter, akhirnya berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk warga, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini adalah sebanyak kurang lebih 200 Kepala Keluarga.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 34.783.100.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top