Wakaf Sumur untuk Pesantren Sabilunnajat Desa Cileungsir Kec. Rancah Ciamis

Wakaf Sumur untuk Pesantren Sabilunnajat Desa Cileungsir Kec. Rancah Ciamis

Wakaf sumur kali ini dilakukan untuk Pesantren Sabilunnajat yang lokasinya di Desa Cileungsir Kecamatan Rancah Ciamis. Pesantren yang sudah berdiri sejak 1965 ini  tercatat sebagai lembaga pendidikan yang sah pada 1993. 

Kini, di bawah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Ponpes Sabilunnajat terdapat SMK Ma’arif Sabilunnajat dan MTs Sabilunnajat. Santri-santrinya berasal dari luar daerah dan ada juga yang masih satu daerah.

Kecamatan Rancah sendiri memang menjadi salah satu daerah di Kabupaten Ciamis yang kerap terdampak kekeringan ketika musim kemarau tiba berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis beberapa tahun terakhir ini.

Saat dilanda krisis air bersih, Pemerintah melalui BPBD sering memberikan bantuan, tapi tentunya belum bisa mencukupi kebutuhan semua masyarakat yang tinggal di daerah terdampak, termasuk para santri dan pengurus Pesantren Sabilunnajat. 

Ditambah lagi dengan lokasi pesantren yang berada di lembah serta dikelilingi oleh perbukitan dan sawah, sehingga sering terjadi longsor. Biasanya para santri dan pengurus memanfaatkan air dari sumber yang jaraknya sekitar 1 km dan beberapa sumur gali berkedalaman 3 – 5 meter. 

Namun karena jumlah pemakainya mencapai 500 lebih orang untuk kebutuhan sehari-hari, air dari sumber tersebut cepat habis, terutama ketika musim kemarau tiba. Sebelumnya pihak pesantren pernah melakukan pengeboran sumur di kedalaman 40 meter, tapi tidak berhasil mendapatkan air.

Alhamdulillah, setelah melakukan survei dan ikhtiar penggalian sumur, Sedekah Air berhasil membantu pembuatan sumur gali berkedalaman 10 meter. InsyaAllah bisa menjadi salah satu sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan oleh santri dan para pengurus untuk kebutuhan sehari-hari.

Total biaya pembuatan sumur gali, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 3.500.000.

 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top