Wakaf Sumur Untuk Pondok Pesantren Al Khoeriyah, Pagersari, Pagerageung, Tasikmalaya

Wakaf Sumur Untuk Pondok Pesantren Al Khoeriyah, Pagersari, Pagerageung, Tasikmalaya

Pesantren Al Khoeriyah merupakan ponpes boarding school yang tahun ini mengalami perlonjakan jumlah santri. Kurang lebih ada penambahan 400-an santri baru dimana kondisi tersebut menyebabkan fasilitas air yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para santri. Di ponpes sudah ada 2 sumur galian dengan kedalaman kurang dari 10m. Namun ketika musim kemarau dalam rentang 2 bulan terjadi kekeringan dan sumur galian yang ada tidak bisa digunakan lagi.

Sumber air lainnya juga didapatkan dari sumur bor dengan kedalaman 50m, tapi memiliki debit air yang kecil dan payau (kekuning-kuningan). Dari penuturan pimpinan pondok pesantren, sebenarnya sudah membeli sumber mata air yang berjarak 1.5km dari pondok, tapi masih belum bisa mencukupi kebutuhan air di ponpes untuk para santri.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 60 meter, akhirnya berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk para santri, terutama saat kemarau datang. Pembuatan sumur bor tersebut bisa dimanfaatkan sebanyak kurang lebih 600 orang, terdiri dari santri dan pengurus pondok pesantren.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 22.096.000.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top