Wakaf Sumur Untuk Pondok Pesantren Mq Annuur Kasomalang, Subang

Wakaf Sumur untuk Pondok Pesantren MQ Annur Kasomalang, Subang

Ponpes MQ Annuur dan Masjid Al-Muhajirin Kasomalang terletak di Limaratus Kasomalang, Subang. Karena lokasinya yang berada di samping jalanan protokol sehingga sering dilalui kendaraan lintas daerah.

Masjid di pondok seringkali digunakan untuk sholat berjamaah baik oleh masyarakat maupun pendatang yang ingin singgah sejenak. Masjid tersebut dibangun oleh hasil swadaya dari ponpes dan masyarakat sekitar.

Di ponpes MQ Annuur memiliki santri yang setara SD (Sekolah Dasar) sehingga mereka sering boros dalam penggunaan air karena masih anak-anak. Persediaan air bersih saat ini tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masjid karena pemanfaatannya juga untuk masyarakat sekitar. Belum lagi jika ada beberapa orang atau rombongan yang singgah di masjid ini untuk melakukan ibadah, sehingga cadangan air di toren masjid akan habis dalam waktu yang singkat.

Di Kampung tersebut tidak terdapat sumur galian maupun sumur bor sehingga untuk kebutuhan sehari-hari mereka hanya mengandalkan air PAM. Namun, air PAM sering mengalami masalah seperti debitnya kecil dan bahkan sering tidak mengalir. Hal tersebut yang mengakibatkan terjadinya lonjakkan biaya yang terkadang tidak menutupi biaya operasional pondok pesantren.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 48 meter, akhirnya berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk warga dan santri, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini adalah sebanyak kurang lebih 1.000 orang terdiri dari para santri dan pengurus pondok pesantren.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 31.142.900.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top