Wakaf Sumur untuk Sekolah MTS YASRI 2 CIKIDANG

Wakaf Sumur untuk Sekolah MTS YASRI 2 CIKIDANG, Kp. Cikarae, Sukabumi, Jawa barat

MTS Yasri 2 Cikidang berada di Kp. Cikarae, Sukabumi, Jawa Barat. Wilayah tersebut memang menjadi salah satu daerah di Sukabumi yang dilanda krisis sumber air bersih, terutama ketika musim kemarau tiba. 

Sebagian besar warga Sukabumi memang sudah terbiasa dengan fenomena tersebut. Bahkan seringkali warga harus membeli air seharga mulai Rp 75 ribu per tangki dan juga mengandalkan air resapan pepohonan di hutan.

Ada juga warga desa yang harus menempuh lebih dari 2 kilometer untuk sampai mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika mata air mengering, warga harus mengantri di sumur bor hingga lebih dari 5 jam, itupun tidak semuanya kebagian. 

Sementara untuk MTS Yasri 2 sendiri secara geografis berada pada ketinggian 500 mdpl. Sumber air utama warga berjarak sekitar 4-6 km sehingga membutuhkan pipanisasi untuk mengalirkan air dari sungai ke titik penampungan. 

Air dari penampungan tersebut kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga. Setiap rumah diharuskan membayar iuran sebesar Rp 15.000. MTs Yasri 2 mendapat jatah air dari bak penampungan warga, tapi sering tidak kebagian air karena pemakaian dari masyarakat yang lebih banyak.

Ditambah lagi dengan sumber air yang sering mengalami kendala seperti pipa yang tersumbat dan lainnya. Hingga saat ini warga juga belum mendapatkan akses air bersih dari PDAM, tidak ada sumur gali maupun sumur bor di lokasi ini. Sebelumnya pernah ada upaya pengeboran sumur sedalam 50 m, tapi tidak mendapatkan sumber air.

Alhamdulillah, Sedekah Air berhasil membantu pengeboran sumur sedalam 60 meter yang bisa dimanfaatkan 90 anak didik dan 12 tenaga pengajar serta 120 KK warga sekitar MTs ini. 

Total biaya pembuatan sumur bor, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 34.105.000.

 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top