Menyalurkan Wakaf Uang Paling Mudah

Apa Saja Manfaat Wakaf Uang?

Sudah tahu apa saja manfaat wakaf uang? Salah satu jenis wakaf ini memang cukup digemari oleh wakif karena mudah dan praktis dilakukan.

Terlebih saat ini beberapa perbankan syariah di Indonesia telah memberikan fasilitas wakaf uang bagi nasabahnya yang ingin berbagi untuk sesama.

Wakaf sendiri didefinisikan sebagai proses penyerahan harta atau benda seseorang secara syariah yang dimanfaatkan untuk kepentingan umum dan secara berkelanjutan.

Umumnya masyarakat melakukan wakaf dengan memberikan tanah atau bangunan untuk kepentingan masyarakat seperti pembangunan masjid, pondok pesantren, sekolah atau madrasah dan lain sebagainya. 

Namun saat ini mulai dikenal wakaf uang yang telah mendapatkan persetujuan dari Majelis Ulama Indonesia karena dijalankan sesuai prinsip syariah Islam. 

Wakaf uang dilakukan dengan memberikan sejumlah uang kepada pengelola wakaf untuk dimanfaatkan bagi kepentingan umat. Mari ketahui beberapa manfaat wakaf uang berikut ini.

Manfaat Wakaf Uang dalam Agama Islam

Wakaf uang merupakan pemberian sejumlah uang dari perseorangan, kelompok maupun lembaga yang disalurkan sesuai syariat Islam. Dalam hal ini, uang yang dimaksud juga menyangkut surat-surat berharga yang mempunyai nilai tinggi.

Secara tidak langsung, melalui wakaf uang Anda turut berkontribusi dalam memberikan manfaat kepada berikut ini:

  • Memperkuat Perbankan Syariah

Penyaluran uang wakaf umumnya melalui perbankan syariah berdasarkan akad wadiah, penempatan pada deposito serta pembiayaan atas proyek yang dikelola oleh bank. 

Dalam hal ini, semakin banyak yang ingin berwakaf dalam bentuk uang maka semakin banyak pula pengguna layanan Syariah tersebut yang artinya kedudukan perbankan dengan prinsip-prinsip syariah dalam perekonomian di Indonesia semakin menguat.

  • Mengembangkan Produk Keuangan Syariah

Wakaf uang lebih praktis dalam pengelolaannya. Nazhir sebagai penerima dana dapat menginvestasikan uang wakaf tersebut untuk produk keuangan syariah seperti deposito sukuk, musyarakah, mudharabah dan lainnya. Hal ini akan membantu peningkatan penggunaan produk keuangan syariah.

  • Mendukung Program-program Sosial

Dana yang diwakafkan dapat disalurkan untuk tujuan pembangunan masjid, lembaga perlindungan kaum duafa, fasilitas kesehatan dan sebagainya. Sehingga uang yang diwakafkan tersebut turut berkontribusi memberikan manfaat sosial dalam jangka panjang.

  • Menunaikan Wakaf sesuai Kemampuan

Sebagian orang menganggap bahwa wakaf merupakan amalan ibadah yang membutuhkan harta atau dana besar. Namun melalui wakaf berupa uang bisa jadi alternatif karena jumlahnya lebih fleksibel sesuai kemampuan dari pewakaf.

  • Investasi Akhirat

Seperti kita tahu bahwa sedekah bukanlah amalan yang mengurangi harta kita, justru menjadi investasi di akhirat nanti. Apalagi wakaf merupakan sedekah yang memberikan pahala terus mengalir karena pemanfaatannya jangka panjang.

Sumber artikel: www.ocbcnisp.com

Cara Menyalurkan Wakaf Uang Paling Mudah

Wakaf dengan cara mendonasikan sejumlah uang sebenarnya dapat dilakukan melalui berbagai cara, tidak harus lewat bank syariah saja. 

Anda bisa ikut berkontribusi bersama tim Sedekah Air yang saat ini terus berikhtiar dalam membantu banyak daerah di Indonesia untuk mendapatkan sumber air bersih.

Sedekah Air menyalurkan bantuan dari para donatur melalui pembuatan sumur bor, sumur gali atau pipanisasi agar daerah-daerah kekeringan di Indonesia mendapatkan sumber air bersih yang memadai.

Yuk, bantu alirkan air untuk Pondok Pesantren, masjid dan masyarakat di beberapa daerah Indonesia yang saat ini masih kesulitan memperoleh air bersih. 

Donasi Sekarang

Scroll to Top