Wakaf alat pencari air untuk daerah kekeringan

Tahukah kamu kalau 98% dari semua air di daratan tersembunyi di bawah permukaan tanah dalam pori-pori batuan dan bahan-bahan butiran.  Air tanah merupakan sumber persediaan air yang sangat penting, terlebih di kawasan yang musim kemaraunya terbilang ekstrim hingga menghentikan aliran sungai. Bahkan, banyak sungai di permukaan tanah yang sebagian besar alirannya berasal dari air tanah.

Tentunya berdasarkan peta geologi dan hidrologi, kondisi air tanah di Indonesia berbeda-beda. Mulai dari yang produktivitasnya sangat tinggi, hingga air tanah langka. Dengan kondisi tanah yang berbeda-beda, maka perlu diketahui indikasi bahwa di suatu daerah itu tanahnya mengandung air tanah atau tidak.

Ketika kami survey ke lokasi lokasi usulan sudah sering kami temui bahwa warga, pihak pondok pesantren sudah berupaya berkali-kali untuk melakukan pengeboran sumur atau penggalian sumur, namun hasilnya nihil. Gagal mendapatkan air. Kami, dalam melakukan survey ke lokasi usulan juga melakukan uji resitivitas (Geolistrik) untuk melihat indikasi akuifer air tanah. Dengan memanfaatkan teknologi ini kami berupaya meminimalisir risiko dari gagalnya mendapatkan air tanah. Dari sini jelas, pada bagian mana akan dilakukan pengeboran, kedalaman berapa meter.

Sekarang, kami membutuhkan banyak alat untuk memetakan air tanah ini. Untuk lebih banyak menjangkau daerah daerah di Indonesia, Untuk tahap awal, kami membutuhkan lima alat Geolistrik tambahan. Alat yang kami pakai sekarang ini adalah dengan teknologi terbaru sehingga sangat memudahkan tim dalam melakukan pemetaan air tanah.

Kami membuka kesempatan bagi para donatur yang mau ikutan wakaf alat pencari air ini. Sungguh, pencarian air ini adalah proses awalan yang paling penting dalam ikhtiar memberikan akses air ke masyarakat/pondok pesantren yang kesulitan mendapatkan air bersih. Artinya, apabila kita ikutan berwakaf pada alat ini, selama alat ini digunakan untuk mendapatkan air, Insya Allah dari setiap tetes air yang didapatkan dari hasil deteksi alat ini kita mendapatkan pahalanya juga.

 

 

    There are no latests news yet

25 Jan 2022

Anonim
Rp 100.319

25 Jan 2022

Sutawijaya
Rp 50.221

23 Jan 2022

Anonim
Rp 2.000.303

22 Jan 2022

Nina
Rp 10.406

20 Jan 2022

Sugiatno
Rp 500.345

17 Jan 2022

Rianthy
Rp 500.381

16 Jan 2022

Nina
Rp 25.061
Scroll to Top