wakaf sumur 1

usulan lokasi sedekah air di PONPES FAOZUL HIKMAH Jl. Margajaya I No. 9 Desa Margaluyu Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya

Nama Pengusul
Ust Aamiin
No Hape
082317328247
Alamat lokasi usulan sedekah air
PONPES FAOZUL HIKMAH Jl. Margajaya I No. 9 Desa Margaluyu Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya 46194 Yayasan Pondok Pesantren Faozul Hikmah Jl. Margajaya I No. 9 Desa Margaluyu Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya 46194
Tasikmalaya, Jawa barat 46194
Indonesia
Map It
Nama Penanggung Jawab (orang lokal)
Ust adit All Mubarok
No Hape Penanggung Jawab (orang lokal)
081319609354
Jenis penerima manfaat
  • Sekolah/Pondok Pesantren
  • Tempat Ibadah
  • Masyarakat
Deskripsi permasalahan air di lokasi usulan (wajib detail)
Bangun Sumur dan MCK Layak Untuk Santri Dhuafa..

Pondok pesantren faozul hikmah,, kp cipari, rt 3/rw1, desa margaluyu pancatengah tasikmalaya.

Sudah semenjak Pesantren berdiri tak punya sumur dan MCK layak , para santri terpaksa ke kali untuk buang air besar (BAB) dan menumpang ke rumah warga.

Bukan hal yang mudah bagi KH. Aamiin selaku pengasuh pondok pesantren, untuk bisa bertahan melewati perjalanan 30 tahun membina dan mendidik para santri dhuafa,

Pesantren yang terdiri dari 50 santri perempuan dan 70 santri laki-laki ini tidak dikenakan biaya sepeser pun, karena mayoritas pekerjaan orang tua santri adalah bertani dengan penghasilan yang tak menentu. Dengan fasilitas seadanya, para santri menimba ilmu dengan mempelajari Al-Qur’an dan kitab-kitab.

Ketiadaan sumur dan MCK mengharuskan para santri untuk buang air besar di kali. Santri harus melewati jalan yang licin menuju kali sehingga tak jarang mereka terpeleset. Selain itu, jika malam hari kondisi jalan yang gelap juga mengancam mereka dari gigitan ular sawah.

Untuk mandi dan wudhu, para santri mengandalkan air kolam yang ditampung dari air hujan. Bila musim kemarau, air tampungan ikut mengering dan terpaksa menumpang ke rumah warga, bahkan berjalan sampai berkilo-kilo meter demi mendapatkan air.

Siti Maemunah ialah salah satu santri yang merasakan betul kondisi tersebut, dengan penuh harap agar pesantren tersebut mempunyai sumur dan MCK yang layak untuk ia dan teman-temannya.

“Kita pengen cepet punya sumur dan MCK, biar gausah BAB di kali lagi dan cari air sampe berkilo-kilo kalau lagi musim kemarau.” Ungkap Siti Maemunah dengan muka penuh harap.

Kondisi sanitasi yang buruk bisa menyebabkan kesehatan para santri terganggu. Oleh karena itu, kami berupaya untuk membantu mereka agar bisa mempunyai sarana air bersih (sumur) dan MCK layak untuk para santri dhuafa.

Sahabat, mari wujudkan bangun Sumur dan MCK layak untuk Santri Dhuafa hidup bersih dan sehat

Berapa banyak penerima manfaat (wajib)
100 jiwa
apa program yang diperkirakan untuk mendapatkan air bersih
  • Sumur Bor
  • Filter
  • Pembuatan Tandon Air

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top