Wakaf Sumur Untuk Kampung Cisalak Lebak, Cibatu, Garut

Wakaf Sumur Untuk Kampung Cisalak Lebak, Cibatu, Garut

Kampung Cisalak Lebak berada di wilayah Cibatu Garut, menjadi salah satu perkampungan yang sering mengalami kekeringan. Saat musim hujan kampung memiliki persediaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Namun ketika musim kemarau tiba, wilayah tersebut kesulitan mendapatkan persediaan air.

Kondisi Kampung Cisalak Lebak tersebut memang tidak jauh berbeda dengan kampung-kampung yang berada di daerah Desa Sukalilah lainnya yang sering mengalami krisis air bersih untuk dikonsumsi setiap hari saat kemarau. Biasanya warga Kampung Cisalak Lebak harus mengambil air dari sumber air resapan selokan atau kolam penampungan/balong yang berada di Kampung Sindang Reret untuk mendapatkan air bersih. Warga menampung air tersebut pada bak penampungan yang kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga.

Rata-rata warga di kampung ini juga sudah menggunakan sumur gali dengan rata-rata kedalaman 6 sampai 8 meter. Meskipun saat musim hujan kondisi airnya melimpah, tapi sumur-sumur tersebut juga seringkali mengering ketika kemarau, . Jika koondisi mendesak biasanya warga harus mengambil air dengan menggunakan jirigen ke sumber mata dimana harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer dari kampung.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 50 meter, akhirnya berhasil mendapatkan sumber air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk warga, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat pembuatan sumur tersebut kurang lebih 320 orang yang terdiri dari warga dan perangkat desa setempat.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 41.987.400.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top