Wakaf Sumur untuk Mushola Tarbiyatul Athfal Dusun Sukowera Kulon, Cilacap

Wakaf Sumur untuk Mushola Tarbiyatul Athfal Dusun Sukowera Kulon, Cilacap

Masyarakat Dusun Sokawera Kulon tidak memiliki sumber air bersih yang stabil sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai upaya mereka lakukan diantaranya dengan membuat sumur gali, baik itu sifatnya pribadi ataupun umum.

Sumur-sumur galian tersebut rata-rata memiliki kedalaman 5 hingga 8 meter, tapi hanya menjadi sumur tadah hujan saja sehingga ketika musim kemarau tiba mereka harus mencari atau membeli air ke berbagai desa. Terkadang mereka harus berswadaya untuk membeli 1 tangki air dengan harga 700 ribu rupiah yang tentunya hal tersebut sangat mahal dan memberatkan masyarakat Dusun Sokawera Kulon.

Upaya lainnya yaitu dengan melakukan pengeboran di sekitar Masjid Baitussalam yang berjarak 200 meter arah selatan dari mushola Tarbiyatul Athfal. Namun upaya ini gagal dikarenakan tetap tidak mendapatkan air hingga kedalaman 30 meter.

Pada tahun 2017 di Dusun Sidasari Wetan terdapat mushola (Mushola At Taqwa) yang pernah dilakukan pengeboran oleh Sedekah Air hingga kedalaman 35 meter dengan kondisi air yang tawar dan tidak kering saat musim kemarau. Mushola tersebut berjarak 450 meter arah barat dari mushola Tarbiyatul Athfal. Selain itu, ada juga masjid lain (Masjid Bakiyatus Solihah) yang mendapat bantuan sumur bor dari ACT sedalam 50 meter. Debit airnya memang besar, tapi asin.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 40 meter, akhirnya berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk warga, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini adalah sebanyak kurang lebih 30 Kepala Keluarga.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 19.024.100.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top