Wakaf Sumur untuk Warga Kampung Jonge Pacarejo Semanu Gunungkidul Wonosari - Yogyakarta

Wakaf Sumur untuk Warga Kampung Jonge Pacarejo Semanu Gunungkidul Wonosari – Yogyakarta

Kampung Jonge berada di Pacarejo, Semenu, Gunungkidul, Yogyakarta. Secara geografis, daerah Gunung Kidul memang didominasi dengan perbukitan batuan karst sehingga sumber air sangat minim, bahkan di beberapa daerah tidak ada sama sekali. 

Sebagian besar warga bahkan harus memanfaatkan air hujan yang ditampung pada bak penampungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun jika musim kemarau tiba, mau tidak mau warga harus membeli air dengan harga  Rp 130 ribu sampai Rp 150 ribu per tangki yang tentunya cukup memberatkan warga. 

Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, warga desa sering mendapatkan bantuan tangki air gratis dari pemerintah dan para donatur. Namun bantuan tersebut masih sangat terbatas dan tidak bisa memenuhi kebutuhan semua warga desa, termasuk RT 3. 

Untuk lingkungan warga RT 3 sendiri sebenarnya sudah memiliki embung dan sumur gali yang bisa dimanfaatkan kurang lebih 30 KK. Sumur gali tersebut merupakan bantuan dari para donatur. Namun jika tidak hujan dalam beberapa minggu saja, sumur akan mengering. 

Daerah ini sebenarnya sudah mendapatkan sumber air PAM, hanya saja sering mati dalam waktu satu bulan dan tidak bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan meskipun mengalir, air PAM terbilang keruh dan tidak layak konsumsi.

Padahal biaya PAM cukup mahal, tapi aliran airnya tidak lancar. Warga juga tidak diberikan fasilitas sistem filterisasi air dari PAM sehingga harus menampung air PAM tersebut di tempat penampungan dan harus mendiamkan air tersebut sampai kotoran didalamnya mengendap.

Kondisi Air di Kampung Jonge

Mayoritas warga di sini berprofesi sebagai petani dan buruh. Jika harus terus menerus membeli air, tentu sangat memberatkan perekonomian warga. Sehingga bantuan air bersih sangat diharapkan agar bisa mengurangi pembelian air bersih dari tangki swasta. 

Setelah tim Sedekah Air melakukan survei ke lokasi, berdasarkan peta geologi, Kampung Jonge berada di Formasi Wonosari, yaitu terdiri dari batu gamping, batu gamping napalan-tufaan, batu gamping konglomerat, batu pasir tufaan dan lanau. Sedangkan menurut peta hidrogeologi, daerah ini termasuk ke dalam akuifer produktivitas tinggi dengan aliran melalui ruang rekahan dan saluran, dan tingkat keterusan rendah.

Alhamdulillah, Sedekah Air berhasil membantu pengadaan sumber air bersih melalui sumur  bor dengan kedalaman 65 meter. InsyaAllah sumber air ini bisa dimanfaatkan untuk seluruh warga Rt. 03 Kampung Jonge, Pacarejo, Semenu, Gunungkidul, Yogyakarta.

Total biaya pembuatan sumur bor, survey geolistrik dan material lainnya sebesar Rp 21.481.000. 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top