Bantuan Alat Filterisasi Air Untuk TPQ ALIF LAM MIM

Bantuan Alat Filterisasi Air Untuk TPQ ALIF LAM MIM – Bandar Lampung

TPQ Alif Lam Mim berada di Kelurahan Kelapa Tiga Permai, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Dari awal didirikan, TPQ ini memang belum memiliki sumber air pribadi untuk kegiatan belajar mengajar.

Dalam 10 tahun terakhir ini, Pemerintah Bandar Lampung memang sering menghimbau masyarakat agar ekstra berhemat menggunakan air bersih karena rawan krisis air. Hal itu karena kondisi kekeringan sebenarnya selalu terjadi setiap tahun, terutama ketika puncak musim kemarau di bulan Agustus.

Masyarakat yang tinggal di Kecamatan Tanjungkarang Barat sering merasa kesulitan untuk mendapat pasokan air bersih. Mau tidak mau harus menghabiskan lebih dari separuh uang belanja bulanan untuk membeli air.

Masalah tersebut juga dirasakan oleh santri dan pengurus TPQ Alif Lam Mim. Untuk memenuhi kebutuhan air, pengurus TPQ biasanya memanfaatkan air dari sumur bor milik warga sekitar dan Mushola Jabal Rahmah dengan tarif 5000 – 8000 rupiah untuk pengisian air selama satu jam. 

Sayangnya, sumur bor warga tersebut juga sering rusak dan tidak bisa mengalirkan air. Padahal TPQ Alif Lam Mim membutuhkan air setiap hari untuk berwudhu, mandi serta konsumsi. 

Pada Oktober 2021 lalu TPQ Alif Lam Mim sudah mendapatkan bantuan pengadaan sumur bor kedalaman 70 meter dari seorang donatur. Sumur bor tersebut menghasilkan air yang melimpah, tapi keruh dan tidak layak konsumsi. Pengurus TPQ berupaya untuk menyaring air dari sumur menggunakan filter sederhana, tapi air yang dihasilkan tetap berwarna kecoklatan. 

 

Dikarenakan kondisi keuangan TPQ Alif Lam Mim yang masih minim, sehingga terpaksa tetap menggunakan air keruh tersebut untuk memenuhi kebutuhan. 

Alhamdulillah, berkat bantuan pemberian filter air dari Pak Imam di Bandung dan Pengiriman dari PT CSM Cargo, saat ini TPQ Alif Lam Mim telah memiliki alat filter air yang memadai. 

Dengan bantuan tersebut, insyaAllah air bersih dan jernih bisa dimanfaatkan oleh 100 santri dan pengurus TPQ. Pengurus TPQ Alif Lam Mim juga berniat untuk membagikan air tanpa tarif kepada warga sekitar yang belum memiliki sumber air.

 

 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top