amazon

Hikmah dan Manfaat Wakaf dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa hikmah dan manfaat wakaf dalam kehidupan sehari-hari? Wakaf adalah salah satu kegiatan sosial untuk membantu sesama. 

Wakaf juga menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala yang terus mengalir selama harta/benda yang diwakafkan tersebut selalu memberikan manfaat bagi orang lain. 

Secara definisi, wakaf memiliki arti menahan harta dan memberikan kemanfaatannya di jalan Allah bagi kepentingan umat. Amalan ini memang sering dianggap sama seperti sedekah, tapi sebenarnya memiliki makna berbeda. 

Sedekah lebih kepada pemberian yang habis pakai, sementara wakaf merupakan pemberian yang bisa dimanfaatkan dalam waktu lama sehingga bisa menjadi amal jariyah bagi pewakaf meskipun sudah wafat. 

Hikmah dan Manfaat Wakaf dalam Kehidupan

justika.com

Manfaat wakaf tidak hanya dirasakan oleh penerimanya saja, tapi juga untuk pemberi dan pengelolanya. Berwakaf akan memberikan kesejahteraan bagi banyak umat, terutama bagi yang membutuhkan. Berikut beberapa hikmah wakaf:

  • Mendekatkan Diri dengan Allah SWT

Wakaf adalah salah satu sarana untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Hal ini karena dengan berwakaf kita menyadari bahwa harta di dunia tidak ada yang abadi dan ada hak orang lain di dalamnya. Dengan berwakaf akan membantu Anda kelak di akhirat.

  • Mendapat Amalan Jariyah

Wakaf berbeda dengan sedekah pada umumnya. Harta benda yang diwakafkan umumnya terus dimanfaatkan dalam jangka waktu lama, bahkan meskipun pewakaf sudah tiada. 

Sehingga, wakaf bisa menjadi amalah jariyah yang pahalanya terus mengalir hingga hari kiamat selama harta benda yang diwakafkan terus dimanfaatkan oleh masyarakat. 

  • Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Dengan wakaf juga bermanfaat untuk membangun serta memperkuat tali persaudaraan diantara umat muslim. Karena harta benda wakaf bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memberikan kebahagiaan untuk orang lain. 

  • Menumbuhkan Jiwa Sosial

Manfaat wakaf lainnya juga dapat menumbuhkan jiwa sosial karena amalan ini membantu meringankan beban kesulitan yang dialami oleh orang lain. Misalnya membantu memberikan wakaf air melalui pembuatan sumur gali, sumur bor atau lainnya. 

  • Mendorong Kesejahteraan Umat

harta/benda wakaf ditujukkan untuk kepentingan umum sehingga dapat mendorong kesejahteraan umat di sekitar. Misalnya, wakaf sumur di daerah kekeringan yang mengalami krisis air bersih. 

Wakaf tersebut akan membantu menyediakan sumber air bersih untuk banyak keluarga sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Masyarakat akan berbahagia dan memanfaatkan sebaik-baiknya saran publik tersebut.

  • Mendukung Sarana Ibadah 

Manfaat lainnya, berwakaf bisa mendukung sarana beribadah. Misalnya wakaf sumur untuk masjid atau pondok pesantren yang mengalami kekurangan air bersih, nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan beribadah.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak sedikit umat muslim berlomba-lomba memberikan kebaikan melalui wakaf. Jika Anda juga tergerak ikut dalam menjalankan amalan wakaf, yuk bantu banyak daerah kekeringan di Indonesia memiliki sumber air bersih melalui pembuatan sumur bor atau sumur gali. 

Donasi Sekarang

sumber: unicef.org

 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top