promediateknologi.com

Keutamaan Sedekah Air

Apa saja keutamaan sedekah air? Ternyata dalam bersedekah tidak hanya memberikan bantuan berupa uang atau barang saja bagi yang membutuhkan. Memberikan air untuk makhluk hidup baik manusia, tumbuhan maupun hewan juga termasuk salah satu amalan sedekah.

Terlebih, air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Tanpa air, makhluk hidup akan sulit untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Faktanya, meskipun berada di daerah tropis yang setiap tahunnya selalu mendapatkan musim hujan, tidak menjamin daerah-daerah Indonesia selalu terpenuhi ketersediaan airnya. Masih banyak wilayah yang mengalami krisis air bersih, apalagi saat musim kemarau tiba.

Padahal air tidak hanya dikonsumsi untuk minum saja, tapi juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak, mencuci, dan lainnya. Inilah yang menjadi salah satu komitmen Sedekah Air untuk berikhtiar terus melakukan pengadaan sumber air bersih ke berbagai daerah di Indonesia.

Keutamaan Sedekah Air melalui Wakaf Sumur

kalderanews.com

Wakaf sumur adalah salah satu upaya bersedekah dalam bentuk memberikan atau membuatkan sumber air bersih bagi yang membutuhkan. Misalnya dengan membantu pengadaan sumur bor, sumur gali atau lainnya.

Dengan wakaf sumur tersebut tentunya akan dirasakan oleh warga yang mengalami krisis air bersih. Mulai dari lembaga pendidikan, masyarakat desa, hingga para penyintas bencana di tenda pengungsian. 

Ada beberapa keutamaan sedekah air melalui wakaf sumur, diantaranya sebagai berikut: 

  • Pahala yang Kekal

Keutamaan sedekah air yaitu bisa mendapatkan pahala yang kekal. Wakaf ini merupakan sedekah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir meskipun pewakaf telah meninggal dunia selama yang diwakafkan terus memberikan manfaat.

  • Membeli Surga yang Allah Janjikan

Dalam riwayat masa nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, dulunya kota Madinah pernah mengalami paceklik yang membuat masyarakat di daerah tersebut kesulitan mendapatkan air bersih.

Kaum Muhajirin terbiasa dengan mengkonsumsi air zamzam di Mekah, sementara satu-satunya sumber air yang tersisa hanyalah sumur milik Yahudi. Sumur tersebut bernama sumur Raumah yang rasanya mirip seperti air zam-zam.

Umat muslim dan penduduk Madinah terpaksa harus membeli air dari Yahudi tersebut, bahkan hal rela antri. Rasulullah prihatin dengan kondisi tersebut, kemudian bersabda “Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surgaNya Allah Ta’ala” (HR. Muslim).

Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu adalah yang tergerak  untuk membebaskan sumur Raumah tersebut.

  • Mengundang Keberkahan

Keutamaan sedekah air lainnya yaitu dapat mengundang keberkahan. Semakin sering menebar kebaikan maka harta berkah yang diberikan oleh Allah semakin bertambah.

Keutamaan Sedekah Sumur

Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أُمَّ سَعْدٍ مَاتَتْ فَأَىُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ « الْمَاءُ ». قَالَ فَحَفَرَ بِئْرًا وَقَالَ هَذِهِ لأُمِّ سَعْدٍ

“Wahai Rasulullah, bahwasanya Ummu Sa’ad (ibundaku) meninggal dunia. Sedekah apakah yang afdal untuknya?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Sedekah air.” Lantas Sa’ad pun menggali sumur untuk ibunya, lalu ia mengatakan, “Ini sumur untuk Ummu Sa’ad (ibundaku).” (HR. Abu Daud, no. 1681. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dhaif. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Yuk, ikutan bantu daerah-daerah kekeringan di Indonesia untuk memiliki sumber air bersih. Dengan berbagai keutamaan sedekah air seperti sudah kami bahas di atas, insyaallah akan menjadi ladang pahala bagi para donatur.

Wakaf Sekarang

 

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top