Cibenying

sedekah air di ponpes minhajul karomah dan warga cibenying pandeglang

Pondok pesantren Minhajul Karomah terletak di Kampung Cibenying di Desa Padamulya. Wilayah ini merupakan wilayah kekeringan di Kabupaten Pandeglang, Banten. Tidak ada yang mempunyai sumur bor di kampung ini, mereka hanya memanfaatkan air dari sumur gali yang rata-rata kedalamannya 10-15 meter. Saat musim kemarau Panjang sumur tersebut mengering dan juga airnya keruh.
Dengan kondisi yang sangat kekeringan, mereka harus menggunakan air tidak layak pakai. Mereka menggunakan air bekas wudhu untuk mandi, lalu air bekas mandi digunakan lagi untuk kegiatan mencuci. Sedangkan untuk minum dan memasak mereka membeli air galon setiap harinya. Di kampung ini banyak yang mempunyai tandon air untuk menampung air hujan. Pada Musim kemarau, santri dan warga banyak yang mengambil air dari sumber yang jauhnya berkisar 3-4 km.
Insya Allah kita akan membuat sumur gali 15-20 meter di lokasi titik yang sesuai geolistrik, dengan harapan tidak kering saat kemarau nanti.
Pihak pondok dan warga sekitar sudah sepakat bahwa penggunaan sarana air bersih juga akan dimanfaatkan oleh warga sekitar pesantren. Dengan demikian penerima manfaat akan semakin banyak.

Kebutuhan dana kurang lebih 15-17 jutaan untuk membangun sumur, pengadaan mesin dan penampungan.  

 

Video

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top