Wakaf Sumur Untuk Kampung Cirengrang, Rambay, Sukabumii

Wakaf Sumur Untuk Kampung Cirengrang, Rambay, Sukabumi

Kampung Cirengrang merupakan perkampungan terisolir yang berada  di Kabupaten Sukabumi bagian selatan. Untuk menuju kampung ini membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari perkampungan terdekat (Kampung Cibeureum) yang mana harus berjalan kaki melewati hutan, sungai, kebun dan juga perbukitan. Medan jalannya yang sulit, membuat akses ke lokasi kampung ini membutuhkan tenaga ekstra. Apalagi ketika musim penghujan tiba, akan sangat sulit menuju Kampung Cirengrang karena jalanannya yang  licin dan berbatu.

Bahkan kampung ini juga baru mendapatkan akses listrik pada awal tahun 2019 dan hingga saat ini masih tergolong kampung yang sangat darurat air bersih. Saat musim hujan air di sini melimpah, tapi ketika kemarau kondisi kampung sangat tandus. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga hanya mengandalkan sumur galian dengan rata-rata kedalaman 5 sampai 8 meter.

Jika dalam sebulan tidak turun hujan, dikhawatirkan akan menyebabkan sumur-sumur galian tersebut mengering. Jika kondisi sumur mengering, warga mau tidak mau harus mengambil air ke Sungai Cimahpar dengan jarak 3 kilometer dengan berjalan kaki melalui medan yang terjal dan berbahaya.

Padahal di kampung tersebut juga terdapat satu masjid dan satu Sekolah Dasar yang tidak mendapatkan pasokan air cukup untuk menunjang kebutuhan beribadah ataupuun belajar-mengajar.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur gali kedalaman 10 meter, akhirnya Sedekah Air berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk warga, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini sebanyak kurang lebih 58 Kepala Keluarga.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 10.385.100.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top