Wakaf Sumur untuk Pondok Pesantren Asy Syifa Padaherang, Pangandaran

Wakaf Sumur untuk Pondok Pesantren Asy Syifa Padaherang, Pangandaran

Pondok Pesantren Asy Syifa  telah berdiri sejak tahun 2011 di Pangandaran. Selain pondok pesantren, di yayasan ini juga terdapat panti asuhan dan lembaga pendidikan formal, yakni Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP) dan Madrasah Aliyah (setingkat SMA).

Sembilan tahun berjalan, masalah yang mereka hadapi hingga saat ini adalah kesulitan dalam pengadaan air bersih. Setiap harinya mereka menggunakan sumber air yang berjarak kurang lebih 1.5 kilometer. Selain itu juga dua buah sumur gali, yang mempunyai kedalaman 4 meter dan 8 meter.

Namun saat musim kemarau kondisi air yang dihasilkan baik dari sumber air dan juga sumur gali tersebut tidak mencukupi untuk kebutuhan banyaknya santri di sana. Sehingga jika terjadi kekeringan maka persediaan air yang ada  lebih diprioritaskan untuk kebutuhan memasak dan juga minum, dengan dilakukan filterisasi terlebih dahulu.

Untuk kebutuhan wudhu harus bertayamum. Bahkan mandi dua kali dalam seminggu sudah menjadi hal yang lumrah di lingkungan Pondok Pesantren ini sepanjang  musim kemarau.

Sementara untuk warga disekitar masing-masing sudah menggunakan sumur galian, yang mana masih mencukupi saat musim kemarau karena penggunaannya hanya untuk kebutuhan satu keluarga.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 48 meter, akhirnya berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk pondok pesantren, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini adalah sebanyak kurang lebih 360 orang terdiri dari para santri dan pengurus pondok pesantren.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 29.646.000.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top