Wakaf Sumur untuk Pondok Pesantren Al Barokah, Panjatan, Kawunganten Cilacap

Wakaf Sumur untuk Pondok Pesantren Al Barokah, Panjatan, Kawunganten Cilacap

Pondok Pesantren Al Barokah berlokasi dekat dengan Sungai Cibereum yang berada di Kawunganten, Cilacap. Sungai inilah digunakan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Setiap hari air dari sungai disedot menggunakan mesin diesel generator yang kemudian dialirkan ke 4 buah sumur yang berada di pondok pesantren. Sumur-sumur tersebut mempunyai kedalaman kurang lebih 20 meter, tapi tidak dapat menghasilkan air alias hanya menjadi tempat penampungan saja.

Karena hanya mengandalkan sungai saja sehingga secara otomatis kondisinya mengikuti kondisi air di sungai pada saat itu. Jika air sungai sedang jernih, maka air yang digunakan oleh pondok pesantren juga jernih. Begitu juga ketika kondisi air sedang keruh, maka tidak ada pilihan lain bagi mereka selain tetap menggunakannya.

Masalahnya, saat musim kemarau panjang seringkali menyebabkan air di sungai ini surut. Akibatnya pondok pesantren kesulitan untuk menyedot air sungai. Jika kondisi tersebut terjadi, maka mereka harus membeli air dan meminta bantuan dropping air.

Namun bantuan dari dropping air berkapasitas 5000 liter langsung habis digunakan untuk keperluan satu hari saja dikarenakan banyaknya jumlah santri yang memanfaatkannya.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 40 meter, akhirnya berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk warga, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini adalah sebanyak kurang lebih 300 orang terdiri dari para santri dan pengurus pondok pesantren.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 16.036.100.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top