Wakaf Sumur Untuk Kampung Joglo, Cilaku, Cianjur

Wakaf Sumur Untuk Kampung Joglo, Cilaku, Cianjur

Kampung Joglo merupakan perkampungan padat penduduk yang berada di daerah Cianjur dimana saat ini mempunyai masalah dalam hal pengadaan air bersih, terutama saat musim kemarau. Masyarakat di kampung ini rata-rata sudah menggunakan sumur galian dengan kedalaman 10 sampai 12 meter. Ada juga sumur yang paling dalam yaitu 20 meter.  Masalahnya, kondisi sumur-sumur tersebut saat kemarau mengering sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga.

Di kampung ini juga terdapat rembesan air yang kemudian dibangun seperti kolam untuk tempat penampungan air. Di kolam ini lah masyarakat Kampung Joglo berduyun-duyun untuk melakukan aktifitas seperti mencuci, mandi dan juga mengambil air dengan ember atau jirigen yang kemudian akan mereka bawa pulang ke rumah masing-masing.

Namun ketika musim kemarau, air kolam tersebut juga mengering. Alternatif lainnya, warga harus mengambil air ke sungai yang berjarak 3 kilometer dari kampung. Masalah tersebut berdampak pada gagal panen di sawah-sawah warga karena tidak mendapatkan aliran air karena hanya bisa memanfaatkan pengairan dari air hujan.

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor kedalaman 40 meter, akhirnya berhasil mendapatkan air bersih yang melimpah. insya Allah cukup untuk warga, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini adalah sebanyak kurang lebih 200 Kepala Keluarga.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 23.572.000.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top