Wakaf Sumur Untuk Pondok Pesantren Dairobby Sukasari Sumedang

Wakaf Sumur Untuk Pondok Pesantren Dairobby Sukasari Sumedang

Pondok Pesantren Dairobby berupa pondok pesantren sekaligus sekolah SMK yang berada di dataran tinggi Sukasari, Sumedang. Ponpes yang sudah berdiri sejak tahun 2013 ini mempunyai 70 santri dan 10 staf pengajar.

Daerah Sukasari sendiri memang menjadi  wilayah yang kerap mengalami masalah pengadaan air bersih. Setiap hari warga di pondok pesantren maupun masyarakat sekitar hanya memanfaatkan aliran dari sumber mata air yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari desa tersebut karena tidak ada yang mempunyai sumur galian. 

Air tersebut dialirkan dari atas melalui pipa dan selang yang kemudian ditampung di toren dan beberapa tempat penampungan air. Penggunaan air tersebut juga bergantian untuk masjid, warga dan juga pondok pesantren. Debit air yang dihasilkan pun tidak terlalu besar, tapi kondisi airnya cukup jernih dan dapat
dikonsumsi.

Satu-satunya sumur yang ada di desa ini adalah sumur bor dengan kedalaman 45 meter, milik pabrik tembakau yang berada di desa Sukasari (jaraknya kurang lebih 300 sampai 400 meter dari ponpes).

Alhamdulillah setelah melakukan survey dan membuat sumur bor dengan kedalaman 40 meter, Sedekah Air  akhirnya berhasil membantu mendapatkan air bersih yang melimpah. Insya Allah cukup untuk para santri, terutama saat kemarau datang. Penerima manfaat untuk lokasi ini adalah sebanyak kurang lebih 80 orang terdiri dari santri dan pengurus pondok pesantren.

Total biaya pembuatan sumur, survey geolistrik, pembelian toren dan material lainnya sebesar Rp 15.300.000.

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top